PCNU Nganjuk kirim bantuan dan Tim Trauma di lokasi Gempa Lombok

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartajatim.com. Lombok : Kepeduliaan Bencana Gempa di Lombok, merekatkan sisi kemanusiaan hingga di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. PCNU Nganjuk beserta Banom lainnya yang terdiri LPBI NU, LKNU,LazisNU, IPPNU-IPNU serta Banser secara khusus mengunjungi langsung Lokasi Gempa di Lombok Nusa Tenggra Barat Sabtu (11/8/2018).

Tim yang terbagi menjadi dua kelompok ini menyasar di lokasi Ds Teniga Desa Sigarmenjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok utara dan Desa Teluk Nara Lombok utara. Tim Rescue dari PC NU Kabupaten Nganjuk membawa Donasi dan bantuan yang berhasil dikumpulkan sebesar 76 an Juta serta bahan obat-obatan, makanan instan , air mineral dan kebutuhan pokok lainnya. Bantuan disalurkan melalui Tim PWNU Mataram dan didistrubusikan langsung kepada korban ditiap titik-titik yang dikunjungi Tim.

Salah satu Tim PWNU Jatim yang juga Ketua LPBI NU Nganjuk menyampaiakn bahwa kondisi dilokasi bencana ditemukan bercampurnya penderita TBC dengan masyarakat lainnya dalam satu tenda. Sehingga dikhawatirkan dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi yang lainnya. Di Lombok barat misalnya, 1 tenda ditempati hingga 4 Kepala Keluarga (KK).

Lebih lanjut M Subhan, memaparkan Isolasi warga yang memilki penyakit menular agar mendapat penanganan yang lebih baik., selain itu, perawatan Balita dan Manula dengan ketersediaan air bersih dan logistic yang cukup sangat diharapkan untuk menunjang mempertahankan kesehatan dalam jangka yang panjang.

“Untuk warga lombok yg kena musibah tetep sabar .tawakal menerima dgn ihlas semua taqdir. Diharapkan dgn keihlasan itu tdak muncul stress,penyakit dan tindakan kriminal penjarahan maupun pencurian. Sekaligus Kita yakin di balik semua musibah ini ada hikmah besar. PCNU Nganjuk bersama Banomnya LPBI, LKNU dan LazisNU insyaAllah akan selalu menggalang donasi dan melanjutkan program bantuan baik kesehatan , logistic berupa sembako maupun teraphy trauma healing hingga September 2018 guna meringankan beban masyarakat Lombok.”pungkas Ketua LPBI NU Nganjuk, yang diakrab disapa Gus Kaji.

Sebelumnya,Pemberangkatan Tim NU Jawa Timur ke Lombok secara resmi dilakukan oleh Ketua PWNU JATIM KH Marzuki Mustamar Kamis(9/8/2018) dihalaman Kantor PWNU Jawa Timur. Marzuki menyampaikan didepan Tim yang akan berangkat ke Lombok pengiriman bantuan ini sebagai bentuk kepedulian sesama anak bangsa. Bantuan dan relawan sebagai salah satu pengamalan nilai kebangsaan. Kemudian nilai keimanan serta nilai kemanusiaan sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW.faiz

  • Whatsapp

Index Berita