Dedi Ruslan Bertekad Menjadikan Sukabumi Sebagai Pusat Lumbung Pangan Terhebat

rikafitri, 07 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Sukabumi- Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat beberapa waktu lalu telah menduduki posisi ketiga di nasional sebagai salah satu daerah di Indonesia yang dijadikan lumbung beras nasional. banyak yang belum mengetahui bahwa beras dari Sukabumi dikenal di nasional, karena selama ini masyarakat nasional lebih mengenal beras Cianjur dan lain-lain padahal berasnya tersebut berasal dari Kabupaten Sukabumi.

“Sejatinya, Komoditi beras dari Sukabumi harus memiliki brand sendiri agar lebih dikenal luas secara nasional walaupun lahan-lahan persawahan kini tergerus oleh pembangunan,” kata Dedi Ruslan Bakal Calon Bupati Sukabumi 2020-2025 saat ditemui media, Rabu (6/11/2019).

Dedi Ruslan bertekad ingin mengembalikan kejayaan Sukabumi yang memiliki jutaan hektar lahan agar dapat memenuhi swasembada beras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakatnya.

“Saya berharap dapat meningkatkan kapasitas produksi pertanian dan perikanan serta menggerakkan koperasi sebagai soko guru ekonomi bangsa,” terang Dedi yang dikenal sangat dekat dengan kalangan media dan berbagai organisasi kemasyarakatan ini.

Menurutnya, kendala terberat saat ini adalah musim masuknya musim kemarau. Karena hampir 60 persen lahan pesawahan di Kabupaten Sukabumi merupakan sawah tadah hujan yang hanya bisa berproduksi dua kali saja setelah itu diganti dengan tanaman lain.

Bahkan, kedepan dirinya bermaksud untuk menggerakkan potensi millenial dengan memberikan pelatihan digitalisasi UKM yakni bagaimana cara membangun website/portal untuk memulai usaha/bisnis.

Sukabumi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat

“Dengan luas wilayah seluas 48,42 km dan memiliki populasi penduduk sebesar 2340.756 namun jika dilihat dari kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Sukabumi masih relatif kecil yaitu berada di bawah 20 persen setiap tahunnya sudah seharusnya hal ini terjadi peningkatan,” kata Dedi Ruslan.

Menurutnya, Pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap berbagai potensi strategis Kabupaten Sukabumi agar akselerasi percepatannya cepat meningkat di segala sektor, terutama sektor ekonomi kerakyatan dengan meciptakan role model Desa Pancasila yang bisa mengimplementasikan penerapan butir-butir Pancasila ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat. (Rk/Jal)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu